Saatnya menanamkan investasi di franchise Alfamart?

alfamartBisnis franchise di sektor ritel tetap diminati meski perlambatan ekonomi global tak terhindarkan. Tengok saja, seperti dipublikasikan situsnya, franchise Alfamart menyebutkan tahun ini ada sekitar 1000 investor yang berminat membuka toko Alfamart. Padahal untuk sebuah toko tersebut diperlukan investasi sebesar Rp.350 juta.

Bisa jadi benar, krisis ekonomi tidak hanya menyebabkan keterpurukan seperti terlihat pada lesunya industri dan meluasnya PHK. Di sisi lain, impitan krisis juga mendorong semangat untuk mendirikan usaha baru.

Di tengah ketidakpastian, banyak orang seperti terpacu untuk mencari terobosan baru. Atau mungkin juga, investasinya sendiri sudah direncanakan sejak lama. Sayang ketika hendak dieksekusi krisis sudah terlebih dulu datang menerjang.

Apakah pilihan investasi pada waralaba seperti Alfamart tepat di kala krisis? Dengan memahami apa itu waralaba tentu saja investasi pada bisnis ini seharusnya memiliki risiko lebih rendah.

Meski membuka toko baru, tetapi sebetulnya toko tersebut tidak sepenuhnya baru karena brand yang dipakai sudah berkibar lama. Karena itu sangat berbeda dengan kreasi bisnis yang benar-benar memulainya dari titik nol.

Brand franchise kadang juga sudah memiliki pelanggan yang fanatik sehingga usaha sudah bisa berjalan lancar sejak hari pertama. Inilah keuntungan kita membeli franchise. Meski begitu ada dua tantangan yang perlu diperhatikan.

Pertama, seringkali karena semakin banyaknya investor yang masuk cakupan franchise area menjadi semakin sempit. Dalam keadaan seperti ini persaingan keras kerap terjadi justru antar pemegak hak waralaba yang sama. Belum lama ini saya mendengar cerita panas seperti ini dari pimpinan cabang sebuah franchise pendidikan.

Kedua, ekses yang paling nyata dari krisis adalah melemahnya daya beli masyarakat. Jika tidak berada di lokasi yang sangat bagus, franchisee harus sadar dengan konsekuensi jangka balik modal yang lebih lama.

Mengambil hak waralaba dengan brand yang kuat sudah pasti memiliki banyak keuntungan. Meski begitu, terlebih di dalam situasi sulit, perjanjian waralaba harus sungguh-sungguh diperhatikan. Jangan pula memaksakan membuka franchise di wilayah yang sudah “padat” dengan brand yang sama.

Seperti menaiki tangga, dengan franchise kita tidak perlu memulai bisnis dari urutan pertama. Tapi untuk berhasil, harap diingat, syarat dan ketentuan berlaku!

Foto: kontan.co.id

Comments

  1. ida zuraida says

    saya mempunyai rumah di daerah pangandaran ciamis di pinggir jalan sayabermaksud membuka toko di daerah situ yg saya tanyakan bagaimana caranya kalau saya ingin bergabung dengan alfamart

  2. Drs. H. Ahmad Fathoni, S.H, M.Hum. says

    saya pimpinan YASMIN AHMAD jln. Caringin Ngumbang RT.02 RW. 01 Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi punya lahan 2.5 Ha, sudah ada gedung untuk kelas untuk PAUD FATIMATUZZAHRA (dua kelas) di pinggir jalan sebelah SDN Caringin Ngumbang. Bisa dijadikan kios alfamart. Kalau bisa disurvey dan harus menghubungi siapa di daerah Kota Sukabumi Jawa Barat? Trims

  3. yudiono says

    saya ada tanah di Madiun kec sogaten, dekat jalan raya dan perumahan, modal saya 50 jt, bisa hub siapa ya/ wilayah kab madiun shg bisa gabung dengan alfa mart

  4. yudiono says

    saya punya tanah dekat perumahan di kab. madiun strategis untuk di buat ALFAMART kalau mau investasi harus menghububgi siapa?

  5. winarni says

    Syallom,
    saya berminat membuka usaha waralaba dengan Alfamart, lokasi rumah di Jl.Veteran 112 Pasuruan, bagaimana caranya?

  6. Zen aamin says

    Saya tertarik untuk bergabung dengan perkembangan yang pesat dari Waralaba dibawah payung Alfamamart melalui ALFA EXPRESS. Mohon informasi atau saran terkait persiapan dan persyaratan yang harus dipenuhi. Rencana ALFA EXPRESS akan dibuka di Jogjakarta, Semarang dan Solo.

    Atas bantuannya, kami ucapkan terima kasih.

    Salam hangat;

    zain aamin/0811419623

  7. says

    sy tinggal dijalur jln raya solo ngawi , sy jga ingin gabung dengan alfamart . . bagaimana caranya dan hubungi siapa … dengan fasilitas bangunan sdh ada

  8. reza says

    selamat sing pak…
    salam sukses

    nama saya reza,saya ingin membuka franchise alfamart di Padang,Sumbar.
    saya harus menghubungi kemana dan syaratnya apa saja?

    terimakasih pak.

    tolong email saya ya pak
    terimakasih atas kerjasama bapak

    salam sukses

  9. JAYA MULYADI says

    Saya rencananya mau buka alfamart di daerah SUMUT apa aja syaratnya. Boleh dijelaskan apa keuntungannya yang saya peroleh berbisnis dengan alfamart jika dibandingkan dengan yang lainnya. Mohon petunjuk.

  10. wira says

    siang pa, sy mau buka alfamart d daerah kalimantan selatan, karena d sini msh blm ada cab alfamart. Kira2 sy hrs hub kemana y?

  11. A.Fatah Hidayat says

    1. saya (perorangan) ada tanah ukuran 9 x 14 m, dan sekarang sedang dibangun, dengan 2 (dua ) Lantai IMB sudah ada. sertifikat Hak Milik dalam proses, alamat Jl.Buaran I/7 Klender Jakarta Timur dekat/belakang kiri kanor PPP (kantor Partai Persatuan Pembangunan) Jl. I Gusti Ngurah Rai Jakarta Timur.
    Saya sudah lama mengajukan Untuk menjadi penerima waralaba dengan mengisi formulir di internet, tapi sampai sekarang belum ada jawaban. mohon segera di survey.
    2. kami ( saya dan keluarga ) ingin mengusulkan untuk di kampung di Daerah Legokjawa Kecamatan Cimerak Ciamis Selatan Jakarta Timur Luas Tanah +/_ 700 m2, mohon kontak person untuk kedua alamat tsb.
    Terima kasih
    A. Fatah Hidayat

  12. irving says

    Pak, saya punya rumah satu lantai dan ruanggannya besar2, dengan luas bangunan 300 M2 dan luas tanah 600 m2 bangunan satu lantai, listrik 2200 volt, sebenarnyarumah ini sudah pernah di sewakan untuk kantor, tapi sekarang sudah tidak lagi. Saya tertarik dengan bisnis Alfamart, kira-kira bisa nggak pak, Rumah saya itu di kota Pekanbaru, Riau dan disana setahu saya belum ada alfamart, tks

  13. ely satria says

    pagi pak saya mau bergabung sama Alfamart untuk membuka di di Riau daerah dumai.saya udah ada tempat nya.jadi gimana saya mau mengajukan ke alfamart nya?
    sama siapa saya bisa hbungi? makasi

  14. ragini retnosayekti says

    saya mau buka alfamart di bogor didaerag bantar kemang , saya harus menghubungi siap……….?

  15. Soni says

    Saya pny 3 ruko dan lokasi yg strategis diBengkulu. Dengan modal 400jt, apakah saya bisa buka Alfamart disini? Mohon penjelasannya.. Trims

  16. indra says

    sekedar menawarkan tanah n bangunan yg akan di jual..
    tepatnya di jln protokol. kapten patimura kota jambi (50M dr mall) luas bangunan 241m2.
    ditawarkan dengan harga Rp.1.5M
    (dkt dgn pusat perbelanjaan, pom bensin, sekolah kejuruan) jika berminat email ke bismillah.ridhomu@yahoo.com

    untuk lebih lanjut

  17. Lia Sukamto says

    sy udh memiliki usaha minimarket dgn bangunan ruko 2 lantai ukuran 10x30m, mau bergabung dgn alfamart, caranya bagaiamana. Lokasi kalimantan selatan. Mohon infox tks

  18. firman s bahari says

    saya firman. saya tertari dengan waralaba alfamart. saya memiliki lahan seluas 20 kali 100 m. menurut saya cocok untuk membuka usaha ini, karena di daerah ini blm ada alfamart, atau semacamnya.. dan penghasilan masyrakatnya cukup besar.
    di daerah Sungai Bahar-Jambi-SUMATRA.
    mohon bantuannya, siapa yang bisa saya hubungi, karena saya ingin tahu persyaratannya dan butuh apa saja?? thx.
    mohon infonya, confirmasi lwt e-mail saya.

  19. Erwan pujianto says

    Bagi ya berminat untuk waralaba,yang perlu di siapkan
    1. Lokasi,luasnya kurang lebih 250 m2,nanti akan kita bantu untuk survai,apakah daerah tersebut potensial,gratis
    2. Biaya franchise fee besarnya 45 jt
    3. Membeli peralatan rak,komputer,chiller dll,guna operasional toko kurang lebih 150 jt.
    4. Melakukan renovasi bangunan sesuai standar alfamart untuk lebih jelasnya bs hub.ke saya untuk yg minat waralaba,khusus daerah madiun,ponorogo,ngawi,pacitan,magetan,sragen,solo,kr.ayar,klaten.wonogiri,gn kidul,jogja ke hp 085640448282

  20. dedy muhajir says

    APA SDH BISA BUKA DI IBUKOTA KABUPATEN ATAU IBUKOTA KECAMATAN DI WILAYAH SULAWESI SELATAN ? SOALNYA SAYA PUNYA LOKASI DI KECAMATAN DUA PITUE KAB. SIDENRENG RAPPANG SUL-SEL (JALUR DARAT MAKASSAR-PALOPO)

  21. yudha says

    di jual rumah strategis di jalan raya alternatif, perumnas depok 1 jl.camar raya no.1 depok 1 pancoranmas.Lokasi bagus untuk usaha termasuk alfamart. luas tanah -145 m2
    hub. yudha 021 92 543 561 / 0815 1198 6100
    harga nego

  22. Rivan Willyanto says

    Permisi pak, saya mempunyai tanah sekitar 1 hektar di daerah bali…
    Kalo saya mau buka waralaba carrefour / alfamart siapa yang bisa saya hubungi?
    Terima kasih…

  23. Musyafa says

    saya mempunyai tanah yang sangat strategis di magetan, jawa timur. sy sangat tertarik untuk menjadikan tempat tsb menjadi alfamart namun tdk memiliki ckp modal, bs dibantu untuk pendanaan dr bank? mohon infonya atau hub sy di 081555953200 atau e-mail di musyafa_cool@yahoo.com. trm ksh

  24. pak muin says

    Permisi juragan,sy mau numpanng posting,sy punya lahan ls 800m,shm,lokasi ramai dan angkot lewat,dijln h mohtar tabrani dekat sunmmarecon yg lg dibangun,prospek bagus,cck utk alfa/indomrt/carefur,sy mau jual cepat aja barangkali juragan2 ada yg minat,hrg net saja 1.7jt/m gan,kalau ada juragan yg minat bisa hub sy di 082125884266/0818995174,trmksh gan

  25. Thia Widya says

    => Dijual cepat rumadh tingkat 3 plus kolam renang, harga 1,7 nego. Luas tanah 550m,, siapa cepat dy dapat

  26. Fiqih says

    di cek duluuu pak gmna.. bisa liat gambarnya dimana kirim k email sya paak… nanti kalo cocok kita nego laahh…

  27. cepy permana says

    saya baru ingin menjual rumah di perumahan cipondoh,..luas tanah 220m,luas bangunan 200m..siapa tau alfamart mau membuka tempat lg di sekitar sini,soalnya di dlm komp.saya blm ada alfa mart,,,biasanya ada di jalan raya,dah gtu lumayan jauh…saya jual ajj 190jt,..soalnya sy jual Bu…di depan rumah saya ada lahan tempat parkiran mobil komplek saya.klo minat hubungi/sms ke 02137900486

  28. eka chandra says

    Saya mempunyai sebuah rumah 2 lantai di jl. Waspada raya rt 09/10 pademangan barat jakarta utara. Luas 7×19 m. Lokasi sangat ramai/hidup 24 jam, sangat cocok untuk usaha mini market/sejenisnya. Bagi yang berminat menyewa bisa menghubungi saya di no telp. 021-6451402 atau hp. 0816799085

  29. DR. A.Fatah Hidayat,MM,.MBA says

    kami sudah pernah buat seperti ini kok tidak ada respon yah ?
    Kami sekeluarga tertarik untuk kerjasama wara laba dengan ALfamart, kami mempunyai tanah cukup luas di desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Ciamis Selatan Jawabarat. ( karena ada beberapa lokasi Alfamart bisa memilih mana yang paling strategis ( tiga tempat berdekatan )
    Apakah Alfamart dapat membangun gedungnya ? dan bagaimana bentuk kerjasamanya ?
    Alfamart yang sudah ada di kecamatanCimerak & Indomart di Cijulang mohon jawaban terima kasih

  30. jefly says

    saya jefly budianto ….ditempat saya belum ada alfamart,,,seandainya ada wah…saya yakin akan maju…kapan ditempat saya bisa kerja sama dengan alfamart…saya sangat tertarik..saya di minahasa utara propinsi sulawesi utara,,,tolong emai saya jeflyb@yahoo.co.id

  31. elly susan says

    saya punya toko yang baru jadi di lombok, tepatnya Dusun padak,desa lembar,kec lembar kab.Lombok barat. saya ingin sekali bergabung dengan alfa mart, tapi saya tidak tau caranya

  32. titin Perihatini says

    saya ingin bergabung dg alfamart, tapi tidk tau caranya, bagaimana mohon petunjuk,tks

  33. Indra says

    Saya Indra dari Sumbar, di lokasi saya belum ada alfamart, saya pengen bergabung dengan alfart, ruko lokasi strategis, tepi jalan lintas sumatera, areal parkir cukup luas, rame, daerah berkembang, jika ada respon bisa hub kami 081267213300, trims

  34. Felliana M says

    Selamat siang pak,,, saya felli mau menawarkan tempat untuk dibuka nya alfamart, soalnya didaerah saya blm ada wah,, alfamart
    Mau gabung di Alfamart tp belum tau caranya gimana pak????????
    info selengkapnya saya tunggu ya pak.
    terima kasih
    085736300857 / 085736300867

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>